Antara Speaker Pintar Widya Wicara dan Google Nest Mini, Pilih yang Mana?

Salah satu pembicara gaya Google Home pintar yang baru saja diluncurkan di negara ini adalah Widya Wicara Prima. Perangkat ini diproduksi oleh anak-anak bangsa, yang harus dihargai karena kepercayaan mereka pada teknologi kecerdasan buatan.

Namun, jika kamu masih ingat Februari 2020, Google juga merilis perangkat yang mirip dengan pasar negara, yaitu Nest Mini dari Google. Widya Wicara Prima juga membenarkan bahwa juru bicara Google harus dipkamung sebagai pesaing.

"Jika kita ingat, pesaing kita merilis Nest Mini beberapa waktu lalu," Handlee Susanto, Kepala Pemasaran PT Widya Informasi Nusantara, mengatakan kepada Gadgetren setelah dimulainya acara melalui Media Session online (05/12/2020) -Tim.

Kedua perangkat kini siap mengisi pasar speaker pintar Indonesia. Yang menarik, keduanya memiliki harga yang berbeda, yang membuat mereka lebih kompetitif di pasar dan, tentu saja, merupakan pertimbangan tersendiri bagi konsumen untuk membelinya.

Dengan harga 1,499,000, speaker Widya Wicara lebih mahal daripada speaker Google Nest Mini yang cerdas, yang dipasarkan dengan harga 925,000 IDR. Apa perbedaan dengan spesifikasi dan fungsi yang datang dengan harga yang berbeda ini?

Sebelum kita berbicara tentang spesifikasi, mari kita lihat desain kedua perangkat. Speaker Widya sendiri adalah kotak segi empat dengan dimensi 95 mm x 95 mm dan tinggi 180 mm, yang menawarkan dua varian warna, yaitu hitam dan putih.

Google Nest Mini, yang diberi peringkat oleh tim Gadgetren sesuai namanya, adalah bentuk bulat kecil dengan berat 181 gram dan pilihan warna kapur dan arang.

Untuk menempatkan Nest Mini ini, bisa digantung dan diletakkan di furnitur rumah. Sementara speaker Widya berbentuk persegi dapat dibawa ke mana saja, mereka dapat ditempatkan di furnitur persis seperti yang dibutuhkan pengguna.

Berkat fungsi Google Assistant, Nest Mini dapat, misalnya, memutar musik dari Spotify dan membaca pesan hanya dengan satu perintah suara.

Lalu bagaimana dengan speaker pintar Widya? Perangkat ini didasarkan pada teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Speech Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan dan perintah suara yang diminta oleh penggunanya.

Dibandingkan dengan Nest Mini, speaker pintar Widya menawarkan berbagai konten yang lebih luas. Selain memainkan musik Spotify dan membaca pesan, perangkat ini juga dapat memutar radio favorit kamu, mengirim podcast tentang berbagai topik, dan mengirim informasi tentang kesehatan Corona.

Untuk menyesuaikan kegiatan bulan Ramadhan, pembicara ini juga telah disediakan dengan fungsi untuk membaca Quran dan lima pengingat shalat.

Jangan lupa fitur yang dapat menemani kamu di rumah, seperti membaca buku, pengingat waktu, alarm, tes interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop dan menjawab pertanyaan dari kamu.

Untuk penggunaan kamu sendiri, Widya Wicara harus terlebih dahulu terhubung melalui Bluetooth menggunakan aplikasi Widya Wicara Prima, yang dapat kamu unduh dari Google Play Store di perangkat seluler. Segera setelah koneksi tersambung, LED Widya menyala dan dapat menerima pesanan dari kamu.

Mengenai catu daya, Nest Mini tidak menggunakan baterai untuk pengisian daya, tetapi terhubung langsung ke soket melalui kabel sepanjang 1,5 m, sementara Speaker Widya memiliki dukungan baterai.

Apakah kamu pikir kamu memilih Google Nest Mini mungil atau Widya Speak Speaker yang dibuat anak-anak bangsa?