Mudah, Ini Dia 3 Cara Cek IMEI Ponsel Samsung (One UI)

Cizabkindklep.blogspot.com - IMEI adalah nomor identifikasi khusus yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM untuk setiap slot pada kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen ponsel.

Saat ini penting untuk mempelajari International Mobile Equipment Identification (IMEI) karena larangan penggunaan ponsel ilegal atau biasa disebut black martket (BM) di negara ini.

Jika IMEI tidak terdaftar di Departemen Perindustrian, telepon dengan IMEI yang tidak terdaftar akan diblokir dan tidak akan dapat menggunakan jaringan seluler.

Lalu bagaimana saya bisa mengecek IMEI di ponsel Samsung? Setidaknya ada 3 cara untuk melihat IMEI di ponsel favorit Anda.

1. Periksa IMEI di Kotak Box Ponsel


Setiap produsen ponsel menempelkan stiker IMEI di kotak masing-masing ponsel yang mereka jual. Anda dapat memeriksa kotak ponsel favorit Anda. Jika kotak dibiarkan di rumah, Anda dapat memeriksa menggunakan metode berikut.

2. Periksa IMEI Melalui Panggilan Telepon (USSD)


Anda juga dapat memeriksa IMEI ponsel menggunakan aplikasi telepon, dengan memanggil nomor dan kode tertentu atau dengan mengetik USSD. Anda dapat menekan * # 06 #, nomor IMEI akan muncul di layar ponsel Anda.

3. Periksa IMEI Melalui Menu Pengaturan


Anda juga dapat melihat IMEI melalui menu pengaturan. Metode ini sangat sederhana, cukup buka Pengaturan (Pengaturan), lalu masuk ke menu tentang telepon (Tentang telepon). Kemudian Anda dapat melihat nomor IMEI untuk setiap slot kartu SIM.

Mengetahui nomor IMEI seluler, Anda dapat segera memeriksa IMEI di Kementerian Perindustrian dengan mengunjungi halaman ini https://imei.kemenperin.go.id/.

Kemudian masukkan IMEI di bidang pencarian, lalu klik tombol pencarian. Jika IMEI terdaftar muncul, "IMEI terdaftar di basis data Kementerian Perindustrian."