Begini Cara Video Call Grup Hingga 8 Orang di WhatsApp

Akhirnya, fitur panggilan video yang ditingkatkan yang diharapkan pengguna WhatsApp akan datang. Mulai Rabu (29/4), pengguna WhatsApp di Indonesia dapat menggunakan panggilan suara atau video grup hingga delapan orang.

WhatsApp mengatakan fitur ini telah diluncurkan untuk semua pengguna, baik di smartphone Android dan iPhone di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Meluasnya penggunaan panggilan video grup saat pandemi virus korona adalah alasan mengapa WhatsApp memperluas kemampuan panggilan suara.

"Dalam satu bulan, rata-rata pengguna WhatsApp berbicara melalui panggilan WhatsApp selama lebih dari 15 miliar menit sehari, yang melebihi jumlah hari sebelum pandemi," kata juru bicara WhatsApp dalam sebuah pernyataan, Rabu (29/4).

Panggilan suara atau video grup dapat menampung hingga delapan peserta. Fungsi dapat dilakukan kapan saja, di mana saja, di mana pun pengguna berada.

WhatsApp memastikan bahwa panggilan video grup dalam aplikasi selalu dienkripsi dan aman digunakan. Selain itu, perusahaan telah mengembangkan panggilan video di seluruh dunia untuk berfungsi dengan baik dalam berbagai kondisi jaringan.

Menggunakan fitur grup panggilan video cukup sederhana. Inilah langkah-langkahnya.

  1. Pastikan aplikasi WhatsApp di ponsel Anda adalah versi terbaru. Jika tidak, perbarui aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  2. Selain itu, pengguna dapat melakukan panggilan suara atau video ke seseorang. Pilih salah satu teman Anda untuk panggilan video sebelum mengundang peserta lain.
  3. Kemudian, jika panggilan pertama terhubung, logo Tambah Peserta akan muncul di sudut kanan atas layar untuk menambahkan lebih banyak peserta ke panggilan video dengan hingga delapan orang.


Ada cara mudah untuk melakukan panggilan video untuk anggota dari grup yang sama. Misalnya, grup WhatsApp terdiri dari empat atau kurang anggota, jadi ketika Anda melakukan panggilan, itu dapat dilakukan secara otomatis pada saat yang sama.

Namun, jika ada lebih dari empat peserta dalam satu kelompok, pengguna harus menambah jumlah peserta satu per satu untuk mencapai maksimal delapan orang.

Meskipun panggilan video grup WhatsApp dapat menampung delapan orang, jumlah peserta masih kurang dari pesaing lainnya. Google Duo, misalnya, aplikasi pesan instan ini telah meningkatkan kapasitas maksimum anggota grup panggilan video dari delapan menjadi 12 orang.