Pelajaran Dari Bisnis Warnet yang Gagal

Pelajaran Dari Bisnis Warnet yang Gagal - Beberapa bulan yang lalu, kami akhirnya menutup bisnis warnet kecil kami. Saya menulis tentang kelangsungan bisnis warnet beberapa tahun yang lalu dan sebenarnya sudah dimulai sekitar tahun yang lalu. Meskipun akhirnya gagal, saya belajar banyak pelajaran dari eksperimen kecil itu. Saya ingin berbagi pelajaran ini dengan pembaca saya dan, mudah-mudahan, ini juga akan membantu mereka memutuskan kapan mereka ingin terjun ke bisnis ini di masa depan.

 

Persaingan Harga adalah pembunuh terbesar . Orang luar adalah sekelompok orang yang sangat sensitif terhadap harga. Mereka akan melihat harga sebagai pertimbangan utama. Dengan demikian, pemilik Bisnis Warnet akan bank dan bersaing ketat di depan ini sampai-sampai mereka hampir selalu beroperasi merugi hanya untuk mendapatkan pangsa pasar.


Keuntungan home-court


Banyak warnet berbasis komunitas atau baranggay beroperasi di bawah kap rumah mereka untuk mengurangi biaya sewa yang mahal. Mereka kemudian melewati "penghematan" ini untuk mengimbangi biaya operasi (subs DSL, listrik, tenaga kerja) meninggalkan pesaing menyewa di kerugian. Saya akan menjauh dari lokasi di mana ini adalah skenario yang sangat mungkin terjadi, kecuali jika itu menguntungkan dan untuk itu Anda bisa kunjungi skaternet3d.com untuk info penting lainnya.


Keandalan koneksi internet . Anda membutuhkan uptime koneksi terbaik mungkin. Jika tidak, Anda akan berdarah. Dalam dua tahun kami beroperasi, kami mengalami sejumlah waktu henti. Sebuah downtime tunggal akan berlangsung beberapa hari sampai seminggu. Itu sudah merupakan pukulan besar bagi intinya. Alih-alih mendapatkan satu pipa besar, saya sarankan mendapatkan koneksi berlebihan yang dapat digabungkan atau seimbang. Dengan begitu, jika satu koneksi terputus, ada cadangan yang harus diambil alih.


Kekuatan Alam . Bencana alam dapat diperkirakan tetapi yang paling umum dari semuanya adalah topan dan banjir tahunan. Selama Ondoy, banyak toko di dekat lokasi kami tutup karena banjir yang bertahan selama beberapa minggu. Kami beruntung tempat kami tidak terpengaruh dan kami mendapat manfaat dari masuknya pelanggan yang dipindahkan. Tahun ini, kami melihat banyak angin topan dan banjir yang dalam satu kejadian saja bisa memakan waktu 2 hingga 5 hari untuk menghentikan operasional. Lain kali, saya akan memilih lokasi yang lebih baik di mana lebih kecil kemungkinannya untuk terpengaruh oleh ini.


Apa yang Anda Ketahui Tentang Bisnis Warnet ?


Intelijen Bisnis . Kami berjuang dengan cara membuat margin terbaik. Akankah beroperasi 24/7 membuat kita kembali lebih baik? Berapa jumlah optimal stasiun kerja yang dibutuhkan untuk memaksimalkan lalu lintas pelanggan pada jam sibuk. Bagaimana kami mengelola bandwidth secara efektif untuk meningkatkan pengalaman internet antara gamer, chatters, surfer, dan streamer YouTube.

 

Mempersiapkan siklus peningkatan . Peningkatan pertama kami dilakukan pada tahun lalu. Stasiun kerja perlu ditingkatkan setelah dua tahun. Ini untuk mengatasi prosesor, RAM, dan kartu grafis yang lebih cepat. Itu tidak termasuk komputer dan monitor yang sudah rusak dan tidak bergaransi. Pada akhir siklus, Anda harus memiliki cukup dana untuk melakukan upgrade. Jika tidak, maka itu adalah proposisi yang kalah.

 

Terakhir, dan ini adalah pelajaran terbesar saya investasikan uang yang Anda rela kehilangan. Dengan begitu, Anda dapat membuat penilaian yang masuk akal dan objektif saat dibutuhkan. Anda tidak terlalu terikat secara emosional dengan bisnis dan Anda dapat dengan mudah melepaskan ketika saatnya untuk melepaskan.Terimakasih telah membaca artikel Bisnis Warnet ini.Semoga bermanfaat.